Konversi waktu hidup ke detik

Ucapan terima kasih kepada yang telah memberikan semangat, motivasi dan tantangan tuk membuat tulisan ini. Awalnya sih ingin langsung komentarin di Facebook anda, tapi hasrat tersebut ku pendam dulu. Sebelumnya perkenalkan ID facebook saya adalah Alam Mathematician (di add yah, hehee…) itupun baru beberapa hari yang lalu pakai ID Mathematician, biasanya sih Alam Jiddan, Alam Samsu, dan Alam-alam lainnya (hehee…).

Sambil Menunggu dan berharap semoga ada anak matematika yang lain meluruskan perhitungannya. Walhasil,,, nihil. Tak satupun dari teman-teman facebooknya yang komentarin mengenai kekeliruan perhitungan tersebut. Apa tidak ada anak matematika selain saya yang menjadi teman facebooknya…??? Untuk itu saya tuangkan dalam bentuk tulisan seperti ini apa adanya (bukan ada apanya,,, oops…!!!) dan sebagai bentuk pertanggungjawaban sebagai anak matematika. Okelah kalau begitu, tidak apa-apa aku yang komentarin aja “Meski tidak tahu harus mulai dari mana…(pinjam kata-katanya Ketua Majelis Syuro MAKES Periode 2010-2011, katanya sih itu bahasa retorika yang ngg mesti dijawab).

Sebagai anak matematika, setelah melihat konversinya maka saya merasa tertantang tuk menghitung ulang konversi tersebut. Hitung-hitung asah otak yang sudah sekian lama terbelenggu karena title kesarjanaan (hehee…IPK pas-pasan yaitu 446/145=…??? Hitung aja sendiri yah. malas ngitungnya). Cek and Ricek, kok beda yah…???. Hitung ulang lagi tapi kok tetap beda yah…??? Tanya kenapa…???. Coba tanya Alam (Maksud saya Alam=Dunia, hehee…).

Dengan menggunakan detik yang di peroleh diatas yaitu: 82.782.000,00. Dalam ilmu matematika, 2 angka 0 yang berada di belakang koma itu sangat berarti untuk menandakan tingkat ketelitian (angka signifikan). Tapi kalau di Akuntansi kayaknya ngga berarti banget yah…??? Jadi diabaikan saja menjadi 82.782.000 detik. Wow… pendek sekali umur manusia klo cuman sekian detik saja…!!!. Klo konversi ke tahun tuh cuman 2 tahun 7 bulan 10 hari (Itupun tidak memperhatikan adanya tahun kabisat tiap 4 tahun sekali).

Nah, sekarang mari kita bermain-main dengan logika sedikit…

Sebagaimana yang telah saya pelajari di bangku sekolah MTsN atau yang sederajat (maklumlah pakai kata MTsN karena diperoleh dibangku sekolah tersebut). Dalam perhitungan tahun itu dikenal dengan Tahun Kabisat. Tahun kabisat adalah tahun yang habis dibagi 4 (silahkan minta bantuan sama om google tentang definisi tahun kabisat). Jika tahun tersebut habis dibagi 4 maka tanggal di bulan Februari tersebut sampai 29 hari. Namun jika tahun tersebut tidak habis dibagi 4, maka tanggal di bulan Februari tersebut sampai 28 hari saja. Ini berarti bahwa jumlah hari pada tahun kabisat lebih satu hari dengan jumlah tahun-tahun lainnya. Jumlah hari tahun kabisat sama dengan 366 dan jumlah hari selain tahun kabisat sama dengan 365 (selisih 1 hari = 86400 detik). Jumlah yang cukup signifikan.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan rumus umum untuk mengetahui tahun kabisat berikut:

Misalnya: T tahun.

untuk mengetahui bahwa pada T tahun tersebut tahun kabisat, maka rumus umumnya sebagai berikut:

(T/4) = … ???

Jika (T/4) = N, sisa 0.                                     ………………Tahun kabisat

Jika (T/4) = N, sisa 1, 2 atau 3.                       ……………… Bukan tahun kabisat

N = Hasil bagi antara tahun dibagi dengan 4.

Contoh: Apakah tahun 2008  termasuk tahun kabisat…???

Jawabannya termasuk tahun kabisat karena 2008 habis dibagi 4. Buktikan aja sendiri yah… Itu berarti bahwa tanggal di bulan Februari 2008 itu jumlah harinya sama dengan 29. Coba cek and ricek di hp anda. Betul atau benar…???

Nah, coba bandingkan dengan tahun 2010. Apakah termasuk tahun kabisat or not…??? tentu jawabannya tidak termasuk. Itu berarti bahwa tanggal di bulan Februari 2010 itu jumlah harinya sama dengan 28. Coba cek and ricek di hp anda lagi. Benar atau betul…??? (kebalik yah,,, harusnya Betul atau benar…??? hehee…)

Sekarang saya rasa anda masih penasaran dengan kelanjutan perhitungannya kan…??? Jika umur 63 tahun itu kita jadikan patokan sebagai umur manusia sebagaimana umur. Berapa banyak tahun kabisat yang dilalui selama umur 63 tahun itu…??? Tentunya ada pasti sudah tahu bahwa dengan melakukan operasi pembagian, maka diperoleh sebanyak 15 tahun kabisat. Selebihnya 63-15 = 48 bukan tahun kabisat (dari tadi ngg tahu nama kerennya “bukan tahun kabisat”). Yang tahu bagi-bagi ilmunya yah…

Samakan persepsi dulu, (yang beda silahkan angkat tangan, jangan angkat kaki yah…)

NO KONVERSI HASIL KONVERSI
1 1 tahun 366 hari (kabisat) atau 365 hari (bukan kabisat)
2 1 hari 24 jam
3 1 jam 60 menit
4 1 menit 60 detik

Nah! Kalau sudah sama, mari kita selesaikan sama-sama juga konversi ke detik berikut:

NO KONVERSI HASIL KONVERSI
1 1 menit = 60 detik
2 1 jam = 60 * 60 detik= 3600 detik
3 1 hari = 24 * 3600 detik= 86400 detik
4 1 tahun kabisat = 366 * 86400 detik= 31622400 detik
5 1 tahun bukan kabisat = 365 * 86400 detik= 31536000 detik

Setelah dapat pola diatas, jika rata-rata umur manusia sama dengan 63, maka terdapat 15 tahun kabisat dan 48 bukan tahun kabisat. Untuk itu, konversi umur manusia dari tahun ke detik dapat dilihat sebagai berikut;

Umur 63 tahun = (15 * Umur 1 tahun kabisat) + (48 * Umur 1 tahun bukan kabisat)

= (15 *31622400 detik) + (48 * 31536000 detik)

= 474336000 detik + 1513728000 detik

= 1988064000 detik

atau dengan cara lain;

Umur 63 tahun = (63 * Umur 1 tahun bukan kabisat) + (15 * Umur 1 hari)

= (63 * 31536000 detik) + (15 * 86400 detik)

= 1986768000 detik + 1296000 detik

= 1988064000 detik

Subhanallah, betapa banyaknya detik demi detik yang akan dipertanggungjawabkan setiap insan manusia. Jika umur kita 63 tahun maka sebanyak 1.988.064.000 detik akan dipertanggungjawabkan kelak. Tiap hembusan napas yang keluar begitu berarti. Semoga bermanfaat,,,

Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s