E-Book: Nasehat Berharga Imam Malik Kepada Harun ar-Rasyid

Wahai Amirul Mukminin! Ketika saya menulis nasehat ini buat Anda, saya tidak menjamin bahwa dengan mempraktekkannya Anda langsung mendapatkan petunjuk dari Allah  Subhanahu wa Ta’ala. Saya juga tidak mengatakan bahwa tulisan saya ini menampung segala bentuk nasehat yang ada. Itu saya katakan sebagai bentuk puji syukur kepada Ilahi Rabbi, -karena Dia-lah Yang Maha sempurna, hanya Dialah Yang Bisa Memberi petunjuk kepada setiap makhluk-Nya, adapun saya hanya sekedar menyampaikan, sehingga hanya Dia pula lah yang patut disyukuri dan dipuji.

Juga sebagai bentuk sopan santun saya terhadap Rasulullah saw, -yang telah mengemban risalah Islam ke permukaan bumi. Maka nasehat ini tidak begitu berarti jika dibanding dengan banyaknya ajaran yang beliau bawa, karena nasehat ini terbatas pada beberapa pokok saja-.

Karena itu, pikirkanlah nasehat ini baik-baik Wahai Amirul Mukminin!! Gunakan kedua mata Anda untuk mentadabburinya! Pergunakan kedua telinga Anda untuk mendengarkannya dengan seksama, baru kemudian Anda masukkan ke dalam hati, dipahami dan jangan Anda lalaikan sekali pun.

Sungguh! Dengan mempraktekkan nasehat ini, dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala  Anda bakal mendapatkan keutamaan di dunia, dan berlipatnya pahala di akhirat.

Wahai Amirul Mukminin! Anggaplah jiwa Anda sekarang berada di pintu kematian dan sakaratul maut. Anggaplah Anda sedang menghadapi kepedihan rasa sakit yang dialami setiap orang yang hendak meninggal dunia. Pikirkan rasa takut orang-orang yang dibangkitkan di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala   setelah mereka meninggal dunia, yaitu ketika Allah meminta mereka untuk mempertanggung jawabkan segala perbuatan sewaktu di dunia satu persatu. Kemudian anggaplah bahwa amal Anda sedang dihitung satu persatu di hadapan Allah  Subhanahu wa Ta’ala  setelah Anda mempertanggungjawabkannya. Jangan berhenti disitu, teruskanlah dan anggaplah Anda berada dalam sebuah kekekalan abadi setelah hisab (penghitungan amal) ini –apakah kekekalan itu berada dalam surga atau neraka-.

[DOWNLOAD]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s