E-Book: Ringkasan Ilmu Hadits Bagi Pemula

Ini  adalah risalah Tadzkirah yang  berorientasi  tentang  disiplinilmu hadits.  Dengannya  seorang  pemula  dalam  menuntut  ilmudiharapkan dapat mengenal disiplin  ilmu  ini lebih dalam dan dapatdimudahkan  menguasainya. Aku  menyarikannya  dari  kitab Al-Muqni’, salah satu dari karya tulisku.

Hanya  kepada  Allah  aku  mengharap  semoga  aku  dapatmemberikan manfaat  dari  kitab  ini,  dan sesungguhnya  semuaberada  pada  kekuasaan-Nya  dan  hanya  Dialah  Yang Maha  Kuasaatas segalanya.

Macam-macam Hadits
Hadits itu terbagi menjadi tiga macam : Shahih, Hasan dan Dhaif.

  1. Hadits  Shahih adalah  hadits  yang  bersih  dari  celaan  padasanad (silsilah perawi)-nya dan matan (kandungan hadits)-nya. Di  antara  hadits  shahih  ada  yang  telah  disepakati keabsahannya (muttafaq  ‘alaihi), yaitu  hadits  yangdikumpulkan oleh  dua  orang Imam (Bukhari  dan Muslim,pent.) di dalam kitab Shahih mereka.
  2. Hadits Hasan adalah hadits yang derajatnya di bawah haditsshahih dalam hal tingkat kekuatan hafalan dan kecermatan(para  perawinya). Generasi  sebelumnya  menyebutnyadengan nama al-Khabar al-Qawî (hadits yang kuat).
  3. Hadits Dhaif adalah hadits yang tidak termasuk salah satu dari kedua macam hadits di atas.

[DOWNLOAD]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s