E-Book: Kemudahan di dalam Sifat Wudhu Nabi

Inti dan ruh dari sholat adalah seorang hamba harus sadar bahwa dia sedang berada di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Agar fikiran bisa siap untuk itu dan bisa terlepas dari kesibukan-kesibukan duniawi, maka diwajibkanlah wudhu sebelum sholat karena wudhu adalah sarana untuk menenangkan dan meredakan fikiran dari kesibukan-kesibukan duniawi untuk siap melaksanakan sholat.

Karena seseorang yang fikirannya sibuk dengan pekerjaan-pekerjaan perdagangan, industri dan sebagainya, jika kita katakan padanya “sholatlah!” maka dia akan merasa sulit dan berat untuk melaksanakannya. Disinilah (nampak jelas) hikmah wudhu karena membantu seseorang meninggalkan fikirannya yang sibuk dengan urusan-urusan duniawi, serta wudhu memberikan waktu yang cukup untuk memulai fikiran pada konsentrasi yang lain (yaitu sholat). (Taudlihul ahkam 1/155)

Ada banyak hal diantara hikmah disyariatkan berwudhu, perkara-perkara yang disunnahkan untuk berwudhu, dan yang paling penting adalah bagaimana mencontoh wudhu nabi.

[DOWNLOAD]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s