E-book: Tanya Jawab bersama Masyaikh Markaz Imam Albani

Ebook-TanyaJawabdgMasyaikhYordaniaSemua pertanyaan dibawah ini terjawab dalam ebook ini; Silahkan download pada link paling bawah;

PERTANYAAN 1 : Sebelumnya anda nyatakan bahwa dakwah salaf menyeru kepada Islam secara menyeluruh, salaf menyeru kepada rukun Islam, jihad dan politik. Pertanyaan kami, sejauh manakah diperbolehkan ikut serta dalam pertarungan politik?

PERTANYAAN 2 : Kapan seseorang dikatakan menyelisihi paham salaf, dengan kata lain kapan dia dikatakan bukan seorang salafi ?dan bolehkah kita katakan bahwa si fulan salafi aqidahnya tetapi ikhwani manhajnya?

PERTANYAAN 3 : Apa pendapat anda dalam menanggapi maslak qiyas, apakah dia termasuk salah satu sumber selain Alquran dan as-Sunnah ?

PERTANYAAN 4 :Apa yang dimaksud dengan mashalih mursalah, Maslahat dakwah dan hakikat hizbiyyah?

ERTANYAAN 5 : Aku adalah pemula dalam menuntut ilmu syar’I, dengan ini kuharap anda dapat menerangkan perbedaan antara manhaj dan aqidah, dan apakah ada beda antara uslub dakwah dan manhaj dakwah?

PERTANYAAN 6 :Apa yang dimaksud dengan at-tamyi’ bagaimana kriteria-kriteriannya, dan apakah perbedaannya dengan al-mudarah?

PERTANYAAN 7 : Bagaimana standar suatu permasalahkan dapat digolongkan ke dalam perkara bid’ah ataupun tidak?

PERTANYAAN 8 : Kita mengetahaui keberan dan keorisinilan dakwah salafiyyah, namun yang disayangkan datang pengkaburan dan kekacauan yang didalangi oleh orang-orang Sururi, yang kutanyakan adalah apa itu paham Sururi dan bagaimanaa kaedah dan prinsip mereka agar dapat diketahui dan kita dapat meghukumi seseorang dengan kaedah ini ?

PERTANYAAN 9 : Orang yang menjadi khatib jumat, apakah harus menjadi imam solat?

PERTANYAAN 10 : Apakah boleh mengakhirkan Sholat karena alasan mengikuti durus (ceramah pelajaran) dalam acara tertentu dengan mengutip sebuah kaedah “al-I’mal muqaddamun ‘ala ihmal” (sesuatu yang penting harus didahulukuan dari yang remeh).

PERTANYAAN 11 : Berapa ketentuan zakat fitah dan bolehkah mengeluarkan dalam bentuk nilai benda tersebut(Uang) ?

PERTANYAAN 12 : Kami mnegharapkan anda menerangkan tentan hukum melagukan Adzan dan memerdukan suara?

PERTANYAAN 13 : penanya bertanya tentang sebuah hadis yang berbunyi ”idza marartum biriyadi al-jannah fa irta’u” tentang kesahihannya. Karena sebagian ulama ada yang mensahihkannya dan sebagian lainnya melemahkannya karena adanya idhtirab (perbedaan dalam lafazhh-lafazhh) dan pertentangan dalam lafazhhnya, sembari menyebutkan bahwa Albani melemahkannya dalam al-jami.?

PERTANYAAN 14 : Penanya bertanya tentang lafazh takbir ketika hari raya, Allahu akbar 3x la ilaha i llallah Allahu akbar 2x walillahi al-hamd, apakah astar tentang hal ini sahih?

PERTANYAAN 15 : Tahkim kepada undang undang buatan manusia adalah syirik Akbar menurut ijma ulama. Bagaimana pendapat anda dengan sikap yang dinyatakan orang-orang bahwa mereka akan menentang hal ini dan akan duduk bersama mereka dalam hal menghalalkan ataupun mengharamkan sementara mereka orang Islam dan sebagian orang kafir.?

PERTANYAAN 16 : Apa hukum meyebarkan dakwah Salafiyyah dengan menjalin kerja sama terhadap kelompok ahli bid’ah?

PERTANYAAN 17 : Perkataan seseorang– yang telah beristri– kepada saudaranya, sahabatnya ataupun, bapaknya: ”Aku akan menceraikan istriku”. Perkataan ini diucapkan dihadapan istrinya dalam kondisi sangat marah. Apakah perkataan ini dianggap tolaq sebenarnya dan berlaku ?,

PERTANYAAN 18 : Dalam kasus Salim —maula abi Huzaifah— yang Disusukan oleh istri Abu Huzaifah (agar menjadi mahram hingga dapat keluar masuk rumahnya dengan bebas, sementara dia telah menginjak dewasa.pent) apakah kasus ini berlaku untuk Salim secara
khusus atau dapat berlaku untuk seluruh orang? Jika seseorang memiliki anak angkat yang berumur sepuluhtahun memperlakukan anak tersebut sebagaimana kasus Salim, apakah hubungan kemahraman antara mereka berlaku juga? Bolehkah melaksanakan penyembelihan korban dengan niat dihadiahkan pahalanya kepada orang yang telah meninggal?

PERTANYAAN 19 : Apakah hukum jual beli barang-barang yang terdapat di dalamnya gambar-gambar wanita ataupun binatang seperti sabun contohnya, jika gambar-gambarnya dicabut orang tidak akan membelinya? Apa hukum menerima hadiah-hadiah yang didapatkan dari perusahaan-perusahaan pembuat minuman keras, ataupun perusahaan yang menjual barang-barang diharamkan, apakah hadiah-hadiah ini dibakar, dikubur, atau bagaimana?

PERTANYAAN 20 : Apa hukum memakai bantolun/celana panjang dalam solat dan apa hukum tidak memakai tutup kepala/kopiah?

PERTANYAAN 21 : Apa hukum tranfusi darah/donor darah kepada orang kafir atau menerima donor darah dari orang kafir?

PERTANYAAN 22 : Apa pendapat anda mengenai buku At-Tawassuth wa al-Iqtisad karya Syaikh ‘Alawi ibn Abdul Qadir as-Saqqaf dan kenapa dia tidak menyebutkan perkataan Syaikh al-Albani dalm masalah iman dan at-takfir.

PERTANYAAN 23 : Bagaiamana salaf memulai dakwahnya, apakah dimulai dengan tauhid atau dimulai dengan menjelaskan kepada para mad’u kelompok-kelompok yang sesat, walaupun orang yan didakwahi tersebut sebenarnya belum paham tauhid?

PERTANYAAN 24 : Benarkah ungkapan ”Kebenaran yang tidak teroganisir akan dikalahkan oleh kebatilan yang terorganisir rapi” bersumber dari Ali ibn Abi Talib? Jika benar apa maksudnya? dan bolehkah ini dijadikan sebagai dasar membuat tanzim ataupun jamaah?

PERTANYAAN 25 : Jika seorang Imam membaca ayat yang terdapat di dalamnya sajadah dan dia ingin sujud apakah dia harus takbir atau tidak ?

PERTANYAAN 26 : Sebagaimana diketahui bahwa jihad itu harus dipimpin oleh seorang imam, bagaimana jika jihad dipimpin oleh seorang pemimpin kafir?

PERTANYAAN 27 : Penanya bertanya tentang hukum ‘amaliyah istisyhadiyah (aksi mati syahid/bunuh diri) i yang banyak terjadi di Palestina dan negeri-negeri Islam lainnya, berdalil dengan kisah ibn umi maktum dan kisah pemuda yang belajar dari seorang pendeta. Dalam hal ini salah seorang murid Syaikh Said Ramadhan al-Buthi pernah menulis.

PERTANYAAN 28 : Aku membaca sebuah buku yang berjudul Raf’ul la’imah ‘an fatwa lajnah ad-daimah karya Syaikh Muhammad Ibn Salim ad-Dausari, apa komentar anda tentang buku ini dan penulisnya? Apa nasehat anda kepada kami—penuntut ilmu –dalammenyikapi fitnah irja’ yang membuat goncang pemikiran?

PERTANYAAN 29 : Bolehkah bekerja sama dengan kelompok tertentu dalam perbuatan-perbuatan bid’ah dari segi manhaj dengan tujuan berdakwah?

PERTANYAAN 30 : Ciri-ciri ahlu bidah adalah berpecah belah, apa nasehat anda kepada kami dalam menyikapi perpecahan yang ada dikalangan orang-orang yang initisab (mengaku.pent) sebagai salaf ayng menimbulkan perpecah-belahan serta saling membenci ?

PERTANYAAN 31 : Kami mohon dari anda untuk menerangkan beda antara baiat sunnah dan bait hizbiyyah, apa makna harakah, dan bolehkan memberikan nama dakwah salafiyyah dengan harakah sunniyah ataupun harakah salafiyyah

PERTANYAAN 32 : Mana yang lebih didahulukan apakah tasfiyah baru tarbiyah atau tidak masalah untuk mendahulukan salah satu dari keduanya ?

PERTANYAAN 33 : Bagaimana cara menuntut Ilmu bagi yang terlambat, khususnya orang yang telah tua ?

ERTANYAAN 34 :Bagaimana derajat kesahaihan hadis: ”Tidak akan masuk Surga anak zina” dan jika hadis ini benar apa maknanya ?

PERTANYAAN 35 : Apakah ada peluang bagi kami untuk belajar di Markaz Imam al-Albani ?

PERTANYAAN 36 : Kami mendengar beberapa judul buku yang anda sebutkan dalam ceramah anda. Bagaimana upaya kami untuk mendapatkan lbuku-buku terbitan markaz Imam al-Bani tersebut ?

PERTANYAAN 37 : Bagaimana metode yang digunakan untuk membantah ahli bid’ah?

PERTANYAAN 38 : Kami memiliki dua pertanyaan, pertama: aapa maksud dari perkataan Imam Ahmad bahwa golongan khawarij merekalah kelompok murjiah?. Kedua, bagaimana membantah perkataan Jamaah Tabligh yang datang dari kerajaan Saudi Arabia: ”Anda mengatakan bahwa Jamaah Tabligh tidak menghiraukan dakwah kepada aqidah dan tauhid uluhiyyah, padahal kami datang kemari dan mangajak orang kepada tauhid tersebut,” ? bagaimana menjawab syubhat yang dilontarkan mereka ini ya… Syaikh karena mereka banyak berdalih dengan ini.

PERTANYAAN 39 : Bolehkah kita mentahzir yayasan-yayasan ataupun individu-individu tertentu yang diantara sumber pendanaannya diperoleh dari jamiyyah khairiyyah, dengan dalih bahwa yayasan maupun individu tesebut telah ditahzir para ulama?

PERTANYAAN 40 : Ada sebuah hadis yang memerintahkan taat kepada umara, pertanyaannya apakah waliyul amri.(penguasa) yang berkuasa di Indonesia ini termasuk ulul amari yang wajib ditaati oleh bangsa Indonesia ?

PERTANYAAN 41 : Apa maksud dari pernyataan “ Sunnah sahabat”

PERTANYAAN 42 : Tetapi ya syaikh ada yang megartikan istilah Sunnah Sahabat dengan tafsiran sahabat?

PERTANYAAN 43 : Kami ingin penjelasan anda tentang diskursus “islamisasi Ilmu” dan relevansinya dengan at-tasfiyah dan at-tarbiayah ?dan apakah para pakar kedokteran dan pakar-pakar ilmu alam dapat dimasukkan kedalam barisan ulama dalam firman Allah subhanahu wa ta’ala : ”Sesungguhnya hamba-hamba yang takut kepada Allah hanyalah para ulama”?

[DOWNLOAD]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s