Artikel: Yang Lalu Biar Berlalu….

Yang Lalu Biar Berlalu….

dont look back

Mengutip judul di atas, bukan berarti saya mengingatkan anda pada bait dalam sebuah lagu dangdut tempo doeloe. Tapi judul di atas adalah sebuah resep jitu bagi siapa yang tidak ingin tersiksa oleh apa yang lenyap darinya atau yang gagal diraihnya.

Tidak sedikit orang yang tersiksa oleh kenangan buruk yang pernah menimpanya; Mobil barunya yang hilang, keuntungan besar di pelupuk mata yang tiba-tiba sirna, modal yang dikumpulkan bertahun-tahun ludes karena usaha yang gagal atau musibah, pria atau wanita idaman yang gagal menjadi pendamping hidupnya, atau dikhianati dan disakiti orang-orang terdekat… dan berbagai kejadian buruk lainnya yang selalu dialami oleh setiap orang.

Semakin sering hal tersebut kita ingat-ingat, semakin kita berada dalam kondisi yang tidak sehat dan tidak menguntungkan kita sama sekali. Jiwa kita akan tertekan manakala hal ter­sebut kembali kita ingat, sementara apa yang sudah terjadi tidak pernah akan kembali walau sesaat. Lalu untuk apa kita ratapi ?.

Di sisi lain, hal itu merupakan salah satu bentuk ketidakpercayaan kita terhadap takdir Allah. Padahal apapun yang sudah merupakan ketentuan Allah, tidak ada satupun yang menolaknya.

Bukankah setelah shalat kita disunnahkan membaca : “Allahumma la maa ni’a limaa a’thoita, walaa mu’tiah limaa mana’tah, walaa yanfau dzaljaddi minkal jaddu”

Artinya:

“Ya Allah, tidak ada yang mencegah apa yang Engkau beri dan tidak ada yang memberi apa yang Engkau cegah. Orang yang 

punya nasib baik tidak berguna (untuk mengandalkan nasibnya memperoleh sesuatu) dari-Mu”.

Betapa indahnya ajaran Islam, setiap kali mengalami kejadian yang tidak diinginkan namun terjadi, atau sangat diingin­kan namun tidak terjadi, kita diajarkan untuk mengucapkan: “Qoddarullahu maa syaa ah fa ala”

“Sudah takdir Allah, Dia berbuat apa yang Dia kehendaki” (Riwayat Muslim)

Jadi….Yang lalu biar berlalu, ambil pelajaran dari apa yang sudah terjadi, lalu yang terpenting, hadapi hidup yang akan datang dengan rencana dan persiapan yang lebih matang, Insya Allah hidup kita akan semakin mantap.

Recent Posts:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s