Artikel: Dengki, Justru Membuatmu Menderita

Menghilangkan-Sifat-Iri-dan-DengkiMeskipun hidup kita telah penuh kenikmatan, sering kita saksikan orang lain mendapatkan kenikmatan lebih besar dari kita; baik kecantikannya, hartanya, kedudukannya dll.

Bagaimana kita menyikapi hal ini ?.

Yang paling tepat adalah kita menghayati firman Allah Ta’ala :

وَٱللَّهُ فَضَّلَ بَعۡضَكُمۡ عَلَىٰ بَعۡضٍ۬ فِى ٱلرِّزۡقِ‌ۚ

“Dan Allah melebihkan sebagian kamu dari sebagian yang lain dalam hal rizki”

(QS. an-Nahl : 71)

Itu artinya, kalau kita mendapatkan kelebihan dibandingkan orang lain semata-mata karena karunia Allah, maka orang lain yang mendapatkan kelebihan dibandingkan kitapun semata-mata karena karunia Allah.

Maka jika kita melihat kelebihan orang lain kepada kita, cukuplah kita ingat firman Allah Ta’ala :

ذَٲلِكَ فَضۡلُ ٱللَّهِ يُؤۡتِيهِ مَن يَشَآءُ‌ۚ

“Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya”

(QS. al-Hadid : 21)

Sikap ini penting kita miliki untuk menghalau sebuah penyakit hati yang sangat berbahya bagi diri kita, yaitu dengki. Karena penyakit dengki bukan semata-mata disebabkan karena dirinya kekurangan sementara orang lain mendapatkan kelebihan, tapi lebih disebabkan oleh ketidakmampuan seseorang menata hatinya.

Jika kita perhatikan dengan seksama, orang yang kita anggap memiliki kelebihan tersebut, dia mesti memiliki kekurangan di sisi lain yang tidak ada pada kita, atau sebaliknya, kita akan memiliki kelebihan di sisi lain yang tidak ada pada dia.

Karena itu saudaraku, jauhkan sifat dengki itu dari diri kita. Karena dia hanya membuat diri kita tersiksa dan tidak dapat menata kehidupan kita dengan normal. Bahkan di sisi lain hanya akan semakin menumpuk dosa-dosa kita saja. Sebab dengan sifat dengki tersebut, akan mudah lahir keburukan-keburukan berikutnya, seperti, menggunjing, memfitnah, mencuri, dusta, bertikai. Bahkan tidak jarang melahirkan perbuatan lebih berbahaya dari itu seperti kekufuran dan kesyirikan dalam bentuk sihir, santet dsb.

Benarlah kalau dikatakan :

“Jauhilah penyakit dengki, karena dengki akan melumatkan kebaikan anda sebagaimana api melumatkan kayu bakar”

Di samping, kalau penyakit dengki dibiarkan berada dalam diri kita, maka jiwa kita akan semakin tertekan, karena kita akan selalu mendapatkan adanya kelebihan yang berada pada orang lain, meskipun kita telah berusaha mengejarnya.

Jadi saudaraku

Lapangkanlah dada kita, apa yang menjadi kelebihan orang lain, sesungguhnya itu karunia Allah Ta’ala kepadanya, sebagaimana kitapun telah dikaruniakan Allah Ta’ala banyak hal yang mungkin sekali tidak ada pada orang lain.

Kalau begitu, apa gunanya iri dan dengki ?, ‘nyusahin diri saja !.

Oleh: Abdullah Haidir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s